Empat Putra Sumut di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, Satu di Antaranya Anak Siantar

Share this:
BMG
Para menteri, kepala badan, serta wakil menteri foto bersama dengan Presiden RI yang baru, Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, seusai dilantik masuk Kabinet Merah Putih, Senin (21/10/2024).

Otto Hasibuan

Otto Hasibuan lahir pada 5 Mei 1955 di Kota Pematangsiantar, Sumut. Otto adalah sosok yang dikenal luas di Indonesia sebagai pengacara andal dan pengusaha sukses. Saat ini, Otto menjabat Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).

Selama berkarier di dunia advokat, Otto telah menangani berbagai kasus besar yang menarik perhatian publik. Salah satu kasus yang paling terkenal adalah pembelaan Jessica Kumala Wongso dalam kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, serta pengacara Setya Novanto dalam kasus korupsi e-KTP.

Otto Hasibuan.

Keberhasilan Otto Hasibuan di dunia hukum dan bisnis, menjadikannya salah satu tokoh terkemuka di Indonesia. Otto menempuh pendidikan hukum di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM).

Setelah menyelesaikan studi di Indonesia, Otto melanjutkan pendidikan di Universitas Teknologi Sydney, Australia, untuk meraih gelar master dalam bidang perbandingan hukum.

Tak puas dengan pencapaian itu, Otto kemudian meraih gelar doktor filsafat dari UGM, yang semakin mengukuhkan posisinya sebagai pakar hukum di tanah air.

Karir Otto di dunia hukum dimulai dengan bergabungnya ke PERADI. Otto aktif terlibat dalam organisasi advokat, dan berkat dedikasinya, diangkat menjadi komisaris dan sekretaris.

Pada 1986, Otto menjabat sebagai wakil sekretaris di Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) dan dipercaya sebagai ketua cabang Jakarta Barat. Dengan pengalaman dan reputasi yang terus berkembang, Otto mendirikan firma hukum sendiri, Otto Hasibuan & Associates.

Selain karier sebagai pengacara, Otto juga dikenal sebagai akademisi. Dia mengajar di beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, termasuk Universitas Pelita Harapan, UGM, dan Universitas Jayabaya.

Pada Oktober 2014, Otto Hasibuan dianugerahi gelar profesor kehormatan, sebuah pencapaian yang menunjukkan komitmennya dalam dunia pendidikan dan pengembangan ilmu hukum di Indonesia.

Otto tidak hanya mengajar, tetapi juga aktif meneliti dan menulis, memberikan sumbangsih yang berharga bagi perkembangan ilmu hukum di Indonesia. Otto juga merupakan seorang pengusaha, memiliki bisnis golf yang bernama Ottolima, di Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan.

BacaIrjen Martuani Serahkan Tongkat Kepemimpinan Polda Sumut ke Irjen Panca

BacaSelamat, Pithra Jaya Saragih Pimpin Kalapas I Medan

Kini, Otto Hasibuan ditunjuk Presiden Prabowo Subianto untuk ikut mewarnai Kabinet Merah Putih, menjabat Wakil Menteri Kordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Halaman Selanjutnya >>>

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: