Lima Rumah Hangus Terbakar di Kelurahan Saombo Gunungsitoli, 1 Orang Meninggal Dunia

Share this:
ADI LAOLI-BMG
Kolase Foto: Armada damkar milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Gunungsitoli tiba di lokasi kebakaran, di Jalan Magiao, Kelurahan Saombo, Minggu (20/10/2024). Petugas damkar berusaha memadamkan api.

GUNUNGSITOLI, BENTENGTIMES.com– Kebakaran hebat terjadi di Jalan Magiao, Lingkungan I, Kelurahan Saombo, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Minggu (20/10/2024), sore sekira pukul 17.00 WIB. Dalam peristiwa itu, lima unit rumah hangus terbakar dan satu orang meninggal dunia.

Informasi dihimpun BENTENG TIMES, dari beberapa warga di lokasi kejadian, rumah yang terbakar pertama kali adalah milik Ina Yarni Halawa. Api kemudian menjalar ke empat rumah lainnya.

Kabid Damkar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Gunungsitoli, Jaya Telaumbanua mengungkapkan, total rumah yang mengalami kebakaran ada lima unit. Empat unit di antaranya hangus terbakar, dan satu unit lainnya terbakar sebagian.

“Kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada kejadian kebakaran di Jalan Magiao Kelurahan Saombo, Sekira pukul 17.00 WIB. Sehingga pada saat itu kami langsung bergerak ke lokasi,” kata Jaya Telaumbanua, kepada media ini, Minggu (20/10/2024), malam.

Menurut Jaya, berselang sekira 10 menit setelah mendapat informasi, pihaknya bersama personel lengkap sampai di lokasi kebakaran, dan langsung berupaya memadamkan api. Namun karena lokasi padat penduduk dan hembusan angin yang cukup kencang pada saat kejadian, membuat api dengan mudah membakar rumah lainnya yang berdekatan.

“Juga dinding rumah warga yang mengalami kebakaran sebagian terbuat dari papan. Kami sudah berupaya maksimal, sebagai upaya pemadaman kami turunkan dua unit armada damkar, 1 unit mobil tangki damkar, 1 unit mobil tangki BPBD Kota GunungSitoli dengan personel lengkap,” ungkap Jaya.

BacaKebakaran di Terminal Pijorkoling Sidimpuan, Diduga Karena Korsleting Listrik

BacaKebakaran Lahan Gambut di Madina, Warga Terpaksa Dievakuasi

Dia menyebutkan, peristiwa nahas ini mengakibatkan satu orang meninggal dunia atas nama bapak Ama Rato Halawa. Umur berkisar 82 tahun. Jasad korban ditemukan petugas di dalam kamar mandi rumahnya, dengan kondisi sekujur tubuh terbakar.

“Jenazahnya sudah di evakuasi ke RS Thomsen,” ujarnya.

Adapun nama-nama pemilik rumah korban kebakaran yakni: Tahali Halawa (82) alias Ama Rato) profesi petani, Ina Yarni Halawa (58) petani, Ernus Harefa (45) alias Ama Johan pekerjaan wiraswasta, Ama Tasya Fau (29) pemilik bengkel, Ama Hengki Mendrofa (45) wiraswasta.

“Kerugian materil belum bisa diperkirakan, juga penyebab kebakaran belum diketahui. Petugas kepolisian dari Polres Nias masih melakukan penyelidikan,” pungkas Jaya.

BacaKebakaran Hebat di Desa Ujung Deleng Karo, 11 Rumah Hangus Dilalap Si Jago Merah

BacaPenjelasan Polisi Soal Pemicu Kebakaran Ruang Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut

Di lokasi kejadian tampak personel Kodim 0213 Nias, Polres Nias, personel BPBD beserta masyarakat turut serta membantu petugas Damkar.

Share this: