Benteng Times

Dibangun Sejak 2018, Nilai Investasi Rp6,32 Triliun, Tol Indrapura-Kisaran Diresmikan

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan Tol Ruas Indrapura-Kisaran, Gedangan, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024), pagi pukul 09.00 WIB.

ASAHAN, BENTENGTIMES.com– Pembangunan tol ruas Indrapura-Kisaran, Seksi 2 (Lima Puluh-Kisaran), yang dimulai sejak 2018, akhirnya tuntas. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir langsung melakukan peresmian di Pintu Tol Ruas Indrapura-Kisaran, Gedangan, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024), pagi pukul 09.00 WIB. Peresmian tersebut ditandai dengan pembunyian sirine.

Pada hari yang sama, Jokowi juga meresmikan jalan tol ruas Betung-Tempino-Jambi Seksi III Bayung Lencir-Tempino di Provinsi Jambi.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini, saya resmikan jalan tol ruas Indrapura-Kisaran Seksi II Lima Puluh-Kisaran di Provinsi Sumatera Utara, dan jalan tol ruas Betung-Tempino-Jambi Seksi III Bayung Lencir-Tempino di Provinsi Jambi,” kata Jokowi, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/10/2024).

Dalam peresmian itu, Jokowi menyampaikan apresiasi atas kemajuan pembangunan infrastruktur jalan tol di Sumatera Utara, yang menjadi bagian dari proyek besar Jalan Tol Trans-Sumatera. Pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat mempercepat mobilitas masyarakat dan distribusi barang, serta mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Jokowi merinci, ruas Betung-Tempino-Jambi Seksi III Bayung Lencir-Tempino memiliki panjang 34 kilometer. Jalan tol yang dibangun sejak 2 tahun lalu itu menelan anggaran senilai Rp5,6 triliun. Sementara itu, tol Indrapura-Kisaran yang dibangun sejak 2018 menghabiskan nilai investasi Rp6,32 triliun.

Jalan tol sepanjang 47,75 kilometer ini terdiri dari 2 seksi, yaitu seksi I Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 kilometer, dan seksi II Lima Puluh-Kisaran sepanjang 32,15 kilometer.

“Ini akan jadi daya saing dan akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru baik di Sumatera Utara maupun yang tadi di Jambi,” tutur Jokowi.

Dia berharap, jalan tol yang menjadi bagian Trans Sumatera ini bakal meningkatkan kecepatan dalam mobilitas orang, mobilitas barang, dan kecepatan dalam pengiriman distribusi logistik.

“Sehingga setiap daerah akan bisa bersaing dengan daerah di negara-negara lain, karena persaingan antarnegara sangat ketat sekali,” jelas Jokowi.

Pantauan media, bersama Presiden Joko Widodo, hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni, sejumlah pejabat daerah termasuk penjabat Bupati Simalungun, Zonny Waldi.

Dari pihak keamanan, hadir Kapolda Sumatera Utara, Irjen Whisnu Hermawan Februanto, Pangdam I/BB Mayjen Mochammad Hasan, Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala.

BacaJokowi Resmikan Gerbang Tol Sinaksak, Medan-Danau Toba jadi Lebih Singkat

BacaPilkada 2024, PDIP Usung Edi Rahmayadi untuk Sumut

Tak hanya itu, berbagai unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) dari beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Utara juga ikut hadir dalam acara ini, termasuk dari Kabupaten Asahan, Kota Tebing Tinggi, Kota Pematangsiantar, dan Kabupaten Batubara.

Sebelumnya, Jokowi tiba di Asahan menggunakan helikopter dan mendarat di stadion Mutiara Kisaran. Kemudian, dia melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil menuju pintu tol Kisaran bersama sejumlah pejabat.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat berfoto dengan sejumlah penjabat bupati yang bertugas di wilayah Sumatera Utara, seusai peresmian Tol Ruas Indrapura-Kisaran, Gedangan, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024), pagi pukul 09.00 WIB.

BacaJokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam dan AHY Jadi Menteri ATR

BacaPilkada 2024, PDIP Usung Edi Rahmayadi untuk Sumut

Dengan peresmian tol ini, diharapkan masyarakat Sumatera Utara dapat merasakan manfaatnya secara langsung dalam hal efisiensi waktu perjalanan, serta mendukung perkembangan ekonomi daerah di sepanjang jalur tol. Kunjungan kerja Presiden Jokowi ini sekaligus menegaskan komitmen pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

Exit mobile version