Mewujudkan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia di Sumut

Share this:
BMG
Pj Gubernur Hassanudin dan Forkopimda Sumut foto bersama para KDH se-Sumut usai Acara Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045 Provinsi Sumatera Utara, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro 30 Medan, Senin (29/04/2024).

Dikatakan, keberhasilan visi-misi tersebut juga bergantung pada pengembangan wilayah yang berbasis zona di Sumut. Seperti diketahui, Sumut saat ini memiliki empat zona, yaitu Zona Pantai Timur, Pantai Barat, Dataran Tinggi, dan Kepulauan Nias.

“Zona-zona di Sumut ini adalah kunci pengembangan wilayah di Sumut, kita cluster-kan itu, untuk menjadikan kolaborasi yang bagus,” kata Hassanudin.

Selanjutnya, ada empat tahap arah kebijakan pembangunan RPJPD Sumut. Tahap pertama 2025-2029 merupakan tahap penguatan pondasi transformasi. Pada tahap kedua 2030-2034 merupakan tahap percepatan transformasi. Di tahap ketiga 2035-2039 merupakan tahap ekspansi global. Di tahap terakhir 2040-2045 merupakan tahap perwujudan Sumut Unggul Maju dan Berkelanjutan.

“Mari kita manfaatkan momentum menyelesaikan perencanaan pembangunan yang komprehensif inklusif dan berkelanjutan, kita memiliki kesempatan mengoptimalkan potensi daerah,” pungkas Hassanudin.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam sambutannya yang dibacakan Plh Dirjen Bina Keuangan Daerah, Horas Maurits Panjaitan mengatakan, pemerintah daerah perlu segera menetapkan RPJPD 2025 2045.

Hal tersebut, kata Horas, akan menjadi dasar bagi para calon kepala daerah dalam penyusunan visi misi nantinya.

Dalam hal ini, Mendagri mengapresiasi beberapa capaian Pemprov Sumut. Di antaranya capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumut yang merupakan tertinggi ketiga di wilayah Sumatera, yakni 75,13. Laju pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 yang mencapai 5,01 %, dan tingkat kemiskinan yang berada pada angka 8,15 %.

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani dan Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi menghadiri Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045 Provinsi Sumatera Utara, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro 30 Medan, Senin (29/04/2024).

BacaBanjir di Batubara Meluas Sampai 31 Desa, 5.000-an Rumah Terendam

BacaJokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam dan AHY Jadi Menteri ATR

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Sumut, Irham Buana Nasution, Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumut, Arief S Trinugroho, pimpinan OPD Pemprov Sumut, Forkopimda, dan para kepala daerah kabupaten/kota se-Sumut, termasuk Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani dan Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: